Deklarasi Green Madura

Deklarasi-Green-Madura-1-511531_200x200

Tanggal 8 Desember 2011 adalah momentum bersejarah. Sebuah deklarasi bertajuk “Hutan Rakyat untuk Green Madura” ditandatangani oleh sekitar 70 pihak yang mewakili masyarakat, pemerintah daerah di wilayah Pulau Madura, Pemerintah Pusat, dan pihak-pihak terkait yang peduli pada penghijauan pulau Madura.

Deklarasi ini ingin menancapkan sebuah komitmen untuk meningkatkan kualitas lingkungan, sosial ekonomi masyarakat serta dukungan terhadap mitigasi perubahan iklim. Deklarasi tersebut bertepatan dengan acara Seminar Nasional Pengembangan Sistem Terpadu Program Pengelolaan Hutan Rakyat, Carbon Hutan dan Energi Terbarukan yang dilaksanakan tanggal 7-9 Desember 2011 di Hotel Ningrat, Bangkalan, Madura — sebagai cikal bakal proyek model Bangkalan – ICCTF.

4 thoughts on “Deklarasi Green Madura

  • April 5, 2015 at 10:32 pm
    Permalink

    Assalamualikum Pak Daru,

    Selamat atas launching website barunya, dimana kami banyak belajar mengenai wood pellet pada website green madura sebelumnya. semoga dengan wajah baru ini semakin banyak yang bisa kami serap dan pelajari.

    Hampir 1 tahun ini kami pelajari mengenai wood pellet ini, sangat menarik dan prospeknya sangat cerah di masa depan. Tetapi sayangnya, untuk dapat bersaing di pasaran asia dan eropa sangatlah sulit. Hal ini terkendala dengan biaya investasi yang tidak kecil. Sesuai referensi Pak Daru dan kami sudah cek kesesuaiannya, bahwa untuk membangun pabrik dengan kapasitas 1 ton/jam saja diperlukan investasi 1,5milyar bahkan dengan rupiah yang makin terpuruk ini mungkin bisa mencapai 2milyar. Sedangkan kalau kami bermain dikapasitas di bawah 1ton/jam kami tidak akan dilirik oleh buyer dari luar negeri.

    Maka bisnis ini menjadi tidak ramah buat kami para pengusaha kecil (apalagi tanpa fasilitas dari pemerintah, karena pemerintah sepertinya lebih senang memfasilitasi investor dari luar….ini opini saya lho….hehe).

    Akan tetapi karena kami ‘keuekeuh’ ingin menikmati manisnya bisnis ini, maka setelah beberapa kali study, kami mensiasatinya dengan cara yang kami sebut P2P System (point to point system). Dengan cara ini alhadulillah kami dapat mereduksi permodalannya hingga 80% menjadi sekitar 100~200 juta saja. Dan system ini sedang kami kembangkan di daerah Bandung, Jawa Barat. Mohon do’a restunya dari seluruh peminat wood pellet.

    Bagi rekan yang berminat untuk mempelajari system ini, kami sangat terbuka dan silahkan email ke : rafa.mkt@hotmail.co.id.

    Sekali lagi terima kasih dan sukses terus untuk Pak Daru dan greenmadura nya.

    wassalam

    Reply
    • April 27, 2015 at 1:53 pm
      Permalink

      Dear Mas Rafa,
      Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih atas perhatian baiknya terhadap dunia pellet ini. Kedua saya mohon maaf baru sempat merespon. Ketiga kami mengucapkan selamat atas upaya2nya membangun pabrik wood pellet ini, mudah2an hasil kerjakerasnya berbuah kesuksesan. Pabrik wood pellet kami di bangkalan sedang dilakukan proses peningkatan kapasitas, insyaallah menjadi 1,5 ton/jam. Kami sdg mengusahakan penambahan mesin pelletizer tambahan yang baru.
      terimakasih, Salam sukses. Daru

      Reply
  • May 16, 2015 at 8:37 pm
    Permalink

    Assalamuallaikuum warohmatullohiwabarokaatu……
    pertama tama saya ucapkan selamat kepada wood pellet bangkalan smoga sukses selalu
    kedua saya sangat tertarik dengan usaha wood pellet yang dikelola bapak Daru Asycarya, namun tempat tinggal saya di jambi sumatera, yang sama sekali belum ada produk Pellet, padahal di jambi bahan baku kukira lebih banyak untuk sekarang ini, saya mohon petunjuk gimana caranya memulai usaha ini agar saya bisa berdiri di jambi..? mohon bantuanya kepada Green Maduru untuk memberi petunjuk …. atau saya harus ke madura..? saya siap …. demikian permohonan dari saya dan saya ucapkan terima kasih salam sukses…. Wassalamualaikum warohmatullohiwabarokaatu…

    Reply
    • May 17, 2015 at 8:05 pm
      Permalink

      Waalaikum salam wr wb Mas Muh Amin,
      Salam kenal dan terimakasih atas sambutan baiknya pada green madura. Betul, saya sangat yakin bahwa pengembangan usaha wood pellet di Jambi prospeknya sangat cerah karena bahan baku tentu melimpah. Saya sangat senang untuk berdiskusi tentang masalah ini. Nanti kalau pabrik wood pellet Bangkalan Madura sudah full speed saya akan mengundang Mas Amin ke Bangkalan. Saat ini kapasitas sedang ditingkatkan menjadi 1,5 ton per jam tapi ada beberapa pekerjaan administratif yang masih mengganjal, mudah2an segera kelar…
      Terimakasih,
      Salam terbaik untuk Anda dan keluarga,
      Wassalam,
      Daru

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>