Demam RE menular ke Lombok

Daru-IDEAS.3
Setelah beberapa masa proyek Kebun Energi dan Wood Pellet Bangkalan berjalan, sebuah ide yang sebentar lagi terealisir adalah membangun kebun energi kaliandra, gliricidia, atau tanaman banten (lannea coromandalica) di wilayah Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, NTB. Masih dalam tahap FS, kebun energi yang akan dibangun ini akan diintegarasikan dengan pembangunan power plant dengan kapasitas 300 KW berbasis gasifikasi biomassa. Pengalaman pembangunan kebun energi Bangkalan yang inspiratif akan ditularkan di wilayah Lombok ini agar pasokan biomassa sebagai feed stocks listrik bisa terpenuhi sepanjang masa. Kegiatan ini merupakan bantuan MCA Indonesia kepada konsorsium IDEAS Consultant, Perkumpulan KONSEPSI, dan Fak Teknik Kimia, UNS, Surakarta.

Feed stocks menjadi sangat penting karena pembangkit listrik berbasis biomasa atau PLTBm (Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa) akan selalu menggunakan biomas dalam produksi listriknya. Agar produksi berkelanjutan, kebun energi yang disiapkan pun harus dirancang dengan model yang sustainable pula. Kebun energi yang didisain di atas lahan HKM Santong, Lombok Utara ini menggunakan model agroforestry. Kemungkinan, pola tanaman lorong atau tanaman sabuk menjadi salah satu alternatif selain penanaman dengan model intensif dalam hamparan di lahan kosong. HKM Santong ini juga telah memperoleh sertifikat pengelolaan hutan lestari dari Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI). Masyarakat yang sangat butuh listrik ini bermimpi bisa menjual kayu bakar untuk memperoleh aliran listrik. Inilah saatnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu.. (DRU-Awal August-2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>