Energi yang Dapat Kembali

Daru-santaiPara Pembaca yang Budiman,

Dunia ini semakin tua, sumberdaya alam semakin langka. Batubara tersingkap dimana-mana, lingkungan hancur tak terkira. Polusi dan emisi CO2 tetap bersemayam di udara. Inilah masa dimana kita bisa memulai. Dari diri sendiri. Menggunakai energi yang bisa diperbaharui.Menggunakan bahan bakar yang dapat kembali. Tanam, Tebang, Terubus itulah rahmat Allah yang kita syukuri. Kebanyakan orang tidak menyadari. Dari kekayaan Indonesia kita sudah bisa mandiri. Hanya keserakahan dan ketamakan yang membuat bangsa ini tidak mampu berdiri di kaki sendiri.
Renungan Akhir Mei 2015.

Salam hangat,

Daru Asycarya – Admin

2 thoughts on “Energi yang Dapat Kembali

  • September 7, 2015 at 1:34 pm
    Permalink

    Salam kenal pak Daru Asycarya, melihat perkembangan pohon bahan baku untuk biomass yang menjanjikan dan menghasilkan green energi saya berencana menanam Kaliandra di Indonesia timur tepatnya di Papua. Apa ada perlakuan khusus untuk tanaman tersebut dan dimana saya bisa mendapatkan bibitnya untuk Indonesia timur? Sukses selalu pak dan Terima kasih.

    Reply
    • September 18, 2015 at 11:07 am
      Permalink

      Dear Pak Boni, untuk memperoleh benih atau biji kaliandra Bapak bisa browsing di Internet cukup banyak suppliernya. Dulu kami memperoleh benih dari supplier di Bogor dan di Jawa Timur. Perlakuan khusus tidak ada karena kaliandra termasuk jenis yang gampang tumbuh. Untuk memudahkan perkecambahan biji bisa direndam di air panas selama 15 menit kemudian ditiriskan dan direndam di air dingin.
      Terimakasih,
      Salam,
      Daru

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>