Wajar Tanpa Pengecualian

Wajar tanpa pengecualian

Prof Yanto Santosa pernah berkelakar “Kalau kita ingin menjalankan proyek yang bagus jangan sampai WTP.., loh maksudnya? Karena singkatan WTP adalah Wajar Tanpa Pengeluaran?” Gerr.. peserta rapatpun tertawa. Itu sentilan Pak Yanto ketika pengelola proyek ini merasa takut-takut untuk mengeluarkan uang. Wajar saja karena banyak rambu-rambu yang kita mesti hati-hati agar tidak menyelisihi aturan Kepres 70 maupun aturan SOP ICCTF. Padahal roda waktu terus berputar dimana proyek ini harus selesai selama dua tahun, sehingga jika kita menjalankan kegiatan ini sudah sesuai prosedur, mestinya tidak perlu ragu-ragu melangkah…kata dia.

Proyek yang berjudul Enhancing Sustainable Management of Community-based Wood Pellets Production as Biomass Energy to Support Low Carbon Economy and Climate Change Mitigation in Bangkalan, Madura, East Java (Penguatan Manajemen berbasis masyarakat yang berkelanjutan untuk produksi Pellet Kayu sebagai Energi Biomasa dalam rangka mendukung Ekonomi Rendah Karbon dan Mitigasi Perubahan Iklim di Bangkalan, Madura, Jawa Timur) telah dinyatakan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) oleh Auditor BPKP yang telah mengaudit semua dokumen, laporan, dan SPJ proyek serta kujungan ke lapangan untuk melihat realisasi pembiayaan di lapangan pada bulan Maret-April yang lalu.

Terimakasih atas usaha keras semua kru PMU/Project Management Unit untuk ketekunannya memonitor, memperbaiki, dan menyesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku. Terimakasih juga kepada Pak Sugeng Marsudiarto selaku PPK pada saat itu dan bimbingan Pak Eri sebagai PPK pengganti. Semoga proyek ini semakin sukses ke depan. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>