Saatnya Masyarakat Menjadi Panglima

kegiatan-11b-152729_200x200
Keberhasilan suatu program kegiatan menuntut adanya kerjasama para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat dalam proses pelaksanaan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut salah satunya bisa dibangun lewat adanya komunikasi yang terjalin diantara para pemangku kepentingan dan pelaksana proyekKoordinasi dan komunikasi menjadi key success factor bagi kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat, khususnya kelompok tani dan gabungan kelompok tani hutan (Gapoktan) di areal yang akan dijadikan site proyek.

Gapoktan di wilayah Kecamatan Geger Bangkalan membentuk organisasi sosial masyarakat yang memiliki tujuan bersama-sama untuk membangun hutan yang dinamakan FMU Gerbang Lestari. Guna membangun kesamaan pandangan dalam proyek Enhancing Sustainable Management of Community-based Wood Pellets Production as Biomass Energy to Support Low Carbon Economy and Climate Change Mitigation in Bangkalan, Madura, East Java dilakukan kegiatan FGD dengan mengundang perwakilan kelompok tani Gerbang lestari. Kegiatan ini juga melibatkan PMU, PIU dan warga Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan yang lahannya dimanfaatkan sebagai areal demontrasi BEE (Kebun Energi).

Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta (stakeholder) memiliki pemahaman yang sama (common ground) terhadap pengembangan kebun energi yang memerlukan keterlibatan kelompok tani, membangun komitmen, rasa memiliki dan tanggung jawab bersama dalam membangun demplot kebun energi. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan analisis terhadap kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman serta harapan bagi demplot kebun energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>