Penanda-tanganan MOU

kegiatan-11c-198150_200x200
Setelah melalui proses konsultasi dengan pemangku kepentingan terutama adalah para kelompok tani yang tergabung dalam FMU Gerbang Lestari, kegiatan selanjutnya adalah mencapai kesepakatan bersama antara petani pemilik lahan, ketua kelompok tani, Ketua FMU, dan PIU. Kesepakatan ini adalah berbentuk hitam diatas putih, artinya semua pihak menandatangani kesepakatan dan disaksikan oleh PIU dan PMU.

Guna membangun kesamaan pandangan dalam membuat kesepakatan bersama penggunaan lahan kebun energi dilakukan kegiatan FGD yang difasilitasi oleh Fasilitator/Tenaga Ahli. Kegiatan ini melibatkan PMU, PIU dan warga kecamatan Geger, kabupaten Bangkalan yang lahannya dimanfaatkan sebagai areal demontrasi BEE. Berdasarkan hasil diskusi sebelumnya bahwa demplot Kebun Energi Biomassa harus dapat memberi manfaat secara ekonomi, lingkungan dan berkelanjutan, maka pembangunannya harus mendapatkan kesepakatan antar pihak untuk menjamin keberlangsungan usaha dan meminimumkan konflik dikemudian hari.

Kegiatan FGD dilakukan dengan diskusi dan konsultasi dengan stakeholder lokal untuk mendapatkan kesepakatan-kesepakatan penting yang akan menjadi dasar untuk menyusun kontrak kerjasama berkait dengan pengelolaaan BEE. Secara spesifik, FGD ini dilakukan dengan tujuan:

  1. Mendapatkan kepastian para pihak yang terlibat dalam pengelolaan BEE secara berkelanjutan;
  2. Untuk mengetahui peran/ tanggung jawab serta hak-hak/manfaat manfaat yang diperoleh oleh masing-masing para pihak yang terlibat;
  3. Dapat dirumuskan norma-norma umum dari masing-masing pihak hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan, berkalitan dengan pengelolaan BEE.

Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah adanya formulir kesepakatan (contractual agreement) yang ditandatangani oleh para ketua kelompok tani sebagai pihak yang terlibat dan menjamin penggunaan lahan mereka untuk dipergunakan sebagai Kebun Energi Kaliandra (BEE) dan mereka berkomitmen untuk saling bekerjasama dalam pengelolaan BEE. Selain itu juga diperoleh matriks mengenai tanggung jawab/kewajiban, hak, serta norma-norma yang dapat menjadi pegangan bagi para kelompok tani dalam mengelola kebun energi biomassa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>