Arti Pentingnya Sejarah

Areal-Geger-tahun-70-an
Haji NoerYanto membolak balik kumpulan foto-foto lamanya di album foto kesayangannya. Ahhh.. ini dia, sebuah foto jadul yang tidak pernah terlupa. Di foto itulah masih tergambar Transtoto Handadari mantan Dirut Perhutani yang kala itu menjabat Kepala Balai dan masih mengenakan celana “cut brei” bergaya “Rock and Roll”. Nuryanto juga masih tampak “culun”, maklum sebagai pegawai pemerintahan yang harus taat pada pimpinan.

Bukan fotonya sebetulnya yang menarik disini, namun peristiwanya yang melahirkan banyak cerita dan inspirasi. Di tempat itu dulu memang benar-benar gundul, tak ada tanaman yang tinggi, batu-batupun tersingkap oleh arus pencucian tanah yang deras. Di tempat mereka berdiri setelah 37 tahun berlalu, kini adalah adalah tanah yang subur ditumbuhi beraneka macam tanaman seperti akasia, jati, sengon, mahoni, dan tanaman-tanaman berkayu lainnya. Air mata pun berubah menjadi mata air. “Tanah tandus yang sudah ditumbuhi tanaman akan nampak hidup, karena setelah itu kehidupan baru akan muncul.” kata Nuryanto. Akasia adalah salah satu tanaman unggulan di daerah ini. Orang disini menyebutnya sebagai kayu “kormis” karena asalnya dari kata acacia auriculiformis. Sayangnya gerakan penghijauan di daerah Geger ini tidak diikuti dengan baik oleh daerah-daerah lain.

Para tokoh penghijauan di Geger seperti Abahnya Kyai Irham, Haji Sholeh, Haji Anshori dan H. Noeryanto sendiri adalah generasi pertama yang menggerakan penghijauan. Kini anak cucunya yang meneruskan kebiasaan Abah mereka. Banyak penghargaan disandangnya, kalpataru dan sertifikat ekolabel LEI adalah sebuah pengakuan atas tingginya nilai sebuah perjuangan tanpa pamrih. Namun itu semua masih kalah dengan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat yang hidup di hilir seperti di Arosbaya. “Selamat tinggal banjir..” Tujuh kali banjir kiriman dalam satu tahun kini tak pernah menyambangi lagi. Itulah benefit yang tidak pernah dikalkulasi, namun yang Maha Kuasa yang akan menghadiahinya kelak.. Amien.

DA/070614

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>