BEE dan Kelompok Tani

kegiatan_43a-161062_200x200

Upaya restorasi untuk memulihkan lahan kritis yang dilakukan melalui proyek Enhancing Sustainable Management of Community-based Wood Pellets Production as Biomass Energy to Support Low Carbon Economy and Climate Change Mitigation in Bangkalan, Madura, East Java, salah satunya adalah dengan mengembangkan Kebun Energi Biomassa (BEE). Pengembangan BEE adalah menciptakan kebun energi yang multifungsi, tidak hanya membuat kebun kaliandra secara monokultur, namun bisa dikombinasikan dengan jenis-jenis lain yang bermanfaat. Jarak tanam juga bisa dibuat bervariasi menyesuaikan kebutuhan para petani dan ketersediaan bibit yang akan ditanam.

Untuk menunjang program ini agar dapat terlaksana dengan baik, maka diperlukan adanya pelatihan bagi kelompok tani yang akan mengelola Kebun Energi Biomassa (BEE) tersebut. Selain itu, juga diberikan bantuan teknis yang dibutuhkan dalam pengelolaan Kebun Energi Biomassa (BEE) dan pelatihan untuk persiapan, pembangunan pabrik wood pellet dan memproduksi wood pellet kepada kelompok tani dan staf koperasi pengelola unit bisnis wood pellet skala inkubator
Kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Awalnya kegiatan diisi dengan penjelasan ilmiah mengenai tanaman Kaliandra, cara penanaman, pemeliharaan hingga pemanenan oleh pemateri. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang melibatkan anggota PIU dan kelompok tani. Anggota PIU membantu menjelaskan materi secara sederhana agar dapat dimengerti oleh kelompok tani.

Diskusi berlangsung cukup dinamis dengan antusiasme peserta yang cukup baik. Antara pemateri dan peserta saling bertukar informasi mengenai teknik penanaman dan pemeliharaan tanaman Kaliandra yang baik. Beberapa petani yang telah melakukan pembibitan dan percobaan penanaman tanaman Kaliandra lebih dulu memberikan saran cara penanaman dengan tingkat ketahanan hidup yang tinggi. Hasil diskusi ini menjadi informasi bagi petani lainnya untuk menanam Kaliandra di lahan masing-masing. Kegiatan penanaman tanaman Kaliandra secara simbolis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>