CV Gerbang Lestari siap Go International

Pelatihan Manajemen Pabrik

Tanggal 9-10 Mei yang lalu dilaksanakan pelatihan Manajemen Pabrik di Kombangan, Geger. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para personel yang akan terlibat di dalam pengelolaan pabrik, dan berbagai event ini mengajak para petani dan pengelola pabrik yang telah ditetapkan harus siap-siap dengan model manajemen berstandar internasional. Salah satu hal penting adalah standar produk wood pellet yang diterima konsumen dan ada jaminan sertifikat produk dari Pihak Ketiga.

Kriswanto

Hadir dalam pelatihan tersebut adalah petani dan kelompok tani (dari 10 kelompok tani) yang diundang dan juga pemberi materi atau nara sumber.

Nara sumber yang diundang adalah Eko SB Setyawan dan Kriswanto. Sedangkan dari PMU yang memberi materi adalah Fery dan Daru Asycarya. Materi yang diajarkan dan didiskusikan berkisar pada: prinsip pengolahan wood pellet, pengadaan bahan baku wood pellet, pemanenan kaliandra, manajemen keuangan, dan pemasaran produk wood pellet.

Fery

Pak Fery dibantu Puput Yulianti menjelaskan tentang pengelolaan keuangan pabrik secara garis besar mengingat bahwa mereka para petani belum terbiasa membahas masalah pengelolaan keuangan perusahaan. Targetnya, mereka paham bahwa pengelolaan pabrik wood pellet ini harus memberikan keuntungan. Konsekwensinya komponen penyusun biaya harus bisa ditekan seefisien mungkin agar komponen pendapatan bisa terdongkrak. Pak Eko lebih banyak menyinggung bagaimana cara kerja pabrik, proses pencetakan pellet dan efisiensi produksi.

Organizer training ini adalah Nur Saadun dan Catur Teguh… terimakasih kawan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>