Menanti Mesin Berderum…

IMG_2123-200019_200x200
Suara tonggeret yang kerap nyaring terdengar di siang hari di kebun seputaran FMU Gerbang Lestari kini punya saingan. Raungan tonggeret kini dipastikan akan ditingkahi oleh suara derum mesin penghasil wood pellet di pabrik CV Gerbang Lestari. mulai berproduksi. Direncanakan proses instalasi mesin ini akan kelar pada 10 Mei 2014. Selepas itu mesin akan mulai memproduksi wood pellet dengan bahan baku bersumber dari BEE milik anggota FMU Gerbang Lestari yang telah siap untuk dipanen.

Mesin-mesin diangkut dari pabriknya di Citeureup menuju Lokasi pabrik wood pellet di Kombangan, Geger, Bangkalan. Sungguh tak dinyana, mesin-mesin yang panjang, tinggi, dan sangat berat itu harus bisa dijejalkan di lokasi pabrik wood pellet berukuran 200 m2. Satu minggu itu, proses deployment mesin2 wood pellet telah menyita perhatian masyarakat Geger. Alat angkut menggunakan dua truk container terbuka (long vehicle). Sesampai di Kombangan, mesin-mesin tak bisa langsung diangkut ke dalam ruangan pabrik, dan juga tidak mungkin juga menggotong mesin dengan mengandalkan tenaga manusia. Mungkin harus dikerahkan sekitar 200 murid santrinya Pak Kyai Irham agar bisa menggerakkan baja-baja super berat itu ke dalam pabrik.

IMG_2295

Cara yang paling memungkinkan adalah menggunakan alat bantu Forklift. Satu hari berselang, kendaraan forklift pun datang dari Surabaya untuk menggotong mesin-mesin itu. Medan yang berat dan lokasi jalan menuju pabrik yang tidak rata dan sebagian becek menyebabkan proses pemindahan mesin banyak terhambat. Akhirnya forklift itupun menyerah, mesin-mesin tergeletak di halaman depan pabrik, 2 hari dua malam tak membuahkan hasil.

IMG_2430

Alhamdulillah banyak kepala banyak pemikiran untuk pemindahan mesin ke dalam pabrik. Mulai dari pengadaan pipa besi sebagi bantalan roda, plat baja, katrol berganda, dan bantuan pasukan anak santri darul ittihad akhirnya semua mesi-mesin itu terpasang pada tempatnya… alhamdulillah.

IMG_2960

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>