Musabab Kaliandra Terpilih…

kegiatan_12a-243458_200x200
Untuk mendukung pilihan jenis-jenis tanaman yang sesuai untuk kebun energi perlu dilakukan suatu kajian mengenai jenis pohon yang akan digunakan sebagai sumber bahan baku bagi kelangsungan pabrik wood pellet. Faktor pertimbangan meliputi: nilai kalori biomassa pada jenis tanaman jika dibakar, jumlah biomassa yang dihasilkan, kecepatan tumbuh pohon, kemampuan tumbuh di lahan miskin hara, kemudahan pemeliharaan tanaman, dan menimbang durasi proyek yang singkat.

Aspek yang cukup penting dari kriteria di atas tentunya adalah jumlah kalori yang mampu dihasilkan oleh tumbuhan yang dipilih sehingga mampu menghasilkan produk wood pellet yang berkualitas terutama mampu mencukupi kebutuhan kalori tinggi yang bisa disubstitusikan dengan batubara atau bahan bakar fosil. Beberapa jenis yang lazim dimanfaatkan sebagai kayu sumber energi diantaranya Calliandra calothyrsus, Casuarina equisetifolia, Albizia falcataria, Acacia auriculiformis, Casuarina equisetifolia, Derris indica, Gliricidia sepium, Gmelina arborea, Guazuma ulmifolia, Leucaena leucocephala, Mangroves, Mimosa scabrella, Muntingia calabura, Sesbania bispinosa, Sesbania grandiflora, Syzygium cumini, Terminalia catappa, Ailanthus altissima, Albizia lebbek, Alnus acuminata, Cajanus cajan, Cassia siamea, Eucalyptus species, Grevillea robusta dan Pithecellobium dulce.

Lewat desk study ini telah direkomendasikan jenis tanaman yang mampu memenuhi kebutuhan proyek, serta merancang areal demonstrasi plot BEE yang memperhitungkan kontinuitas pasokan bahan baku bagi pabrik wood pellets. Sistem silvikultur, tipe agroforestry, dan sifat-sifat tanaman yang terpilih diharapkan bisa tergambar dengan baik dalam studi ini. Karena selama ini industri wood pellets yang pernah berkembang di tanah air memanfaatkan pasokan bahan baku sisa limbah industri kayu sehingga sangat rentan terhadap kesediaan bahan baku. Kaliandra merah atau Calliandra callothyrsus menjadi pilihan terbaik sebagai tanaman kebun energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>