Pemanasan Menuju Bangkalan Model Project

kick-off-meeting-161547_200x200

Dihadiri oleh sekitar 60 peserta, kegiatan ini merupakan kegiatan awalan sebelum peluncuran resmi proyek dilakukan. Kegiatan ini merupakan pertemuan secara resmi yang melibatkan perwakilan dari stakeholder terkait. Acara dibagi menjadi dua bentuk pemaparan. Pemaparan pertama berupa sambutan-sambutan yang disampaikan oleh perwakilan dari instansi pemerintah yang terkait dengan proyek ini (Executing Agency), yaitu Kementerian Kehutanan diwakili oleh Dr. Haryadi Himawan MBA sebagai NPD, ICCTF-Bappenas diwakili oleh Prof. Dr. Yanto Santosa, Dr. Yetti Rusli sebagai Staff Ahli menteri Kehutanan Bidang Lingkungan sekaligus sebagai Penggagas Proyek dan ketua Pokja Perubahan Iklim Dephut dan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan, Ir Rozak.

Pemaparan kedua merupakan sesi diskusi yang dipandu oleh Faiz Yajri (staf PMU) dan disampaikan oleh tiga pembicara, yaitu Ir. Daru Asycarya, MM (Project Manager proyek Bangkalan) yang memaparkan mengenai gambaran umum proyek, Dr. Prijanto Pamoengkas (Expert) yang memaparkan mengenai hasil sementara desk study (kajian literatur) tentang tanaman yang paling tepat dijadikan sebagai sumber bahan baku industri wood pellet, dan ketiga adalah pemaparan dari K.H. Irham Rofii (Koordinator PIU proyek Bangkalan) mengenai tanggapan masyarakat terhadap rencana proyek ini.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan sesi diskusi yang berlangsung cukup interaktif. Ada beberapa masukan yang diberikan dari peserta diskusi terkait dengan proyek ini. Salah satunya adalah menyarankan untuk melakukan kerjasama dan koordinasi dengan BPDAS – Berantas dalam hal pengairan lahan kebun energi, agar kebutuhan air dapat tercukupi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>