Tak Menembus Batas…

kegiatan_11a-118178_200x200
Proyek ini menfokuskan pada kegiatan pemetaan lapangan terkait dengan ketersediaan lahan yang akan dipergunakan sebagai demplot Kebun Energi. Lahan yang dipilih merupakan lahan kritis atau tidak produktif yang dimiliki secara privat oleh kelompok tani FMU Gerbang Lestari. Penggunaan lahan milik masyarakat untuk demplot kebun energi akan diperkuat dengan perjanjian secara tertulis.

Secara umum pemetaan lahan dilaksanakan untuk meningkatkan peran serta anggota FMU Gerbang Lestari dan masyarakat dalam rangka mewujudkan Demplot Kebun Energi (BEE Demplot). Adapun secara khusus bertujuan:

  1. Untuk mengetahui posisi dan kondisi lahan (level produktivitas lahan, kondisi fisiografis (kelerengan, jenis tanah, jenis tanaman yang ada, status lahan (sertifikat, letter C) dan domisili pemilik lahan) serta kondisi cuaca terutama curah hujan.
  2. Untuk mengetahui posisi geografis calon demplot kebun energi misalnya aksesibilitas jalan, transportasi, kedekatan dengan pemukiman dan lain-lain;
  3. Sebagai sosialisasi dan belajar bersama bagi masyarakat terkait akan dibangunnya demplot kebun energi kaitannya dengan industri wood pellet.

Kegiatan berjalan lancar, diskusi berlangsung cukup dinamis dengan antusiasme peserta yang cukup baik. Metode FGD dilakukan melalui kombinasi penyampaian materi (ceramah) dan diskusi interaktif dengan melibatkan para peserta kegiatan dari anggota kelompok tani yang terpilih. Dari jumlah total 300 orang anggota kelompok tani, dipilih hanya sekitar 30 orang yang diundang mewakili 10 kelompok tani. FMU Gerbang Lestari bisa dianggap sebagai Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang memiliki anggota, aturan kelembagaan, dan kegiatan rutin masyarakat. Akhir dari kegiatan telah dipetakan lahan seluas 170 ha yang akan digunakan sebagai Demplot Kebun Energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>